Kelemahan >< Kesulitan

Aku punya semacam kelemahan. Aku sulit mengerti diriku sendiri. Siapa aku? Apa yang sebenarnya aku mau?

Aku punya semacam kesulitan. Aku sulit memahami kehidupan ini. Untuk apa aku dilahirkan? Apa yang bisa ku perbuat untuk dunia?

Kau merasa akan seperti itu, tapi yang terjadi malah seperti ini.

Kau melakukakan itu terhadap mereka, tapi yang mereka lakukan malah seperti ini.

Kau menginginkan yang itu, tapi di lain sisi kau sebenarnya membutuhkan yang ini.

Kau merencanakan, tapi yang kau lakukan spontan.

Kau melakukan spontan, tapi diselimuti ketakutan.

Kau memberi, tetapi tak ada yang menengadahkan tangan.

Kau menerima, saat tangan sudah tak menutup enggan.

Mereka iri, disaat dirimu menikmati.

Mereka dengki, saat dirimu mengasihani.

Langkah kakimu cepat, namun kau mengabaikan sekitar.

Langkah kakimu melambat, malah tertangkap saat dikejar.

Kau mendapatkan, tetapi kau cepat puas.

Kau melewatkan, mukamu malah jadi pias.

Kau berlari untuk mengejarnya, tanpa menyadari kau ada di sampingnya.

Kau berusaha, tetapi kok lama?

Kau menyerah, tetapi buat apa?

Kau merasa kesepian, teman tak ada yang datang.

Kau di tengah keramaian, malah tak ada yang memperhatikan.

Kau patuh terhadap dunia, tetapi dunia menindas sengaja.

Kau melawan dunia, tetapi dia malah tak mempedulikannya.

Kau bernyanyi untuk menyembuhkannya, walau puisi dapat menguak realita.

Kau ingin menjadi ilmuwan, saat dirimu adalah olahragawan.

Kau ingin menjadi seniman, saat dirimu adalah wirausahawan.

Kau ingin menjadi aktor, sedangkan dirimu sangat kotor.

Kau ingin menjadi bos, tetapi mengabaikan tahap jongos.

Kau ingin dicintai, tetapi kamu malah membenci.

Kau sangat mencintai, tetapi mereka malah menyakiti.

Kau tidak pernah sepenuhnya sempurna, saat Tuhan maha sempurna.

Tags: poetry

Secondhand serenade sing “broken”, one of my favorite last night #secondhandserenade #jakarta #indonesia #jakcloth2014

punchline:

Dang it!

Tags: education

Germany is on my purpose. It’s not easy but I will do my best for all of my dream!

cool band, cool people, just very very great artistic video clip. “if you’re too cool for school I ain’t here to make no friends”

Life is choose

Hidup itu bukan pilihan, tapi memilih. Banyak banget temen2 gue yang lagi galau, katanya. Lulus nanti mau kuliah, kerja, atau kuliah sambil kerja? Terus bagusnya gimana? Enaknya gimana? Apakah gue harus lari menerobos hujan dulu untuk mendapatkan jawabannya? Oke, kadang kita juga mikirin nanti prospeknya bakal gimana, apalah segala macem. Sebenernya kita harus tau dulu masalahnya. Kenapa sih kita bisa galau gini. Oh iya, tulisan ini bukan bermaksud menggurui loh ya. Lah emang gue siapa? Sehebat apa sih gue? Sejenius apa sih? Hahaha. Gak lah sob, gue bisa dibilang bukan siapa2 dan bukan apa2 lah hehe. Mungkin belom aja sih. Oke, langsung aja.

1. Karena anak SMK

Anak SMK itu didesain untuk kerja, iya dong? Namanya juga SMK. Tujuannya kan agar mencetak pribadi2 yang siap berkancah di dunia kerja. Dari mulai skill, mental, dan blablanya. Oke yang mau kerja atau kuliah sambil kerja mungkin gak masalah ya, tapi gimana yang pengennya kuliah di PTN dulu? “Terus ngapain gua masuk smk kalo misal akhirnya gue bakal kuliah? Yaudahlah kerja aja, dapet duit. Eh tapi gue mau kuliah PTN, kuliah dulu lah. Eh tapi percuma gue sekolah 4 tahun kagak dapet duit dulu, kerja dulu deh.  Eh Kuliah dulu deh. Eh kerja sambil kuliah aja apa yak? Aaaak”, nah satu.

2. Kita anak SMK, beda sama SMA

Yaiyalah. Oke, tau lah ya perbedaannya. Jadi gak usah panjang lebar.

3. Disuruh orang tua untuk kuliah dulu/kerja dulu padahal maksud hati beda

Ya, ini juga masalah. “Oke deh. Doa orang tua sepanjang hayat, surga dibawah telapak kaki ibu.  Tapi kan hidup kita yang jalanin”. Iya bener, tapi restu orang tua sangat penting loh.

4. Gengsi sama temen/sekitar

Kayak misalkan gini ” eh, lo kuliah dulu apa kerja dulu? ” ” gak tau sob, lo sendiri gimana? ” “ah gue mah kerja dulu lah, biar punya duit duluan hehe ” “ah sial. Gue harus kerja di perusahaan yang lebih oke dan gajinya lebih gede dari dia. Gengsi dong. Liat aja, gue bakal kerja! *hasrat berkecamuk dalam dada*” nah, contoh kasus. Atau yang pengen kuliah, yang kerja sambil kuliah juga gitu. Karena gengsi lah, ikutan temen/pengen beda ama temen, tetangga lah, sodara lah, dsb.

Oke mungkin masih ada beragam masalah yang lain. Tapi intinya, itu lah yang membuat kita bermuram memikirkan baiknya gimana. Ada beberapa pilihan buat mengatasinya.

1. Kuliah PTN (Favorit)
Yang mau kuliah pasti pengen banget kan nikmatin masa muda, belajar lebih banyak lagi, maen sama temen2 baru yang banyak, belom mau jadi pekerja dulu, ngejar gelar lah, dllnya di kuliah. Tapi perjuangannya berat sob. SMK kan beda sama SMA. Jangan puas sama PG yang udah terlampaui pas latihan atau TO. Banyak saingannya soalnya hahaha. Bisa jadi udah terlampaui nih di jurusan yang dimau, tapi banyak peminat yang PG nya lebih tinggi! Mana kursinya dikit lagi. Kedepak deh. Jadi, harus berjuang keras dan banyak berkorban lalu raih PG setinggi-tingginya! Semangats!

2. Kerja dulu setahun-dua tahun sambil persiapan kuliah PTN/ngejar beasiswa di luar negeri

"Asyik nih! Kerja dulu setahun-dua tahun, dapet duit deh, eh langsung kuliah! Udah ada pengalaman kerja lagi hehe. Diterima kerja dimana-mana nih" eits, gak sayang umur? Oiya, jangan sampe lebih dari dua tahun loh kerjanya, inget. Jangan sampe gak kuliah aja, harus cpt2 kuliah. Emang mau jadi bawahan terus? Kan enggak.

3. Kuliah swasta sambil kerja
Nah ini nih, capek hahaha. Banyak resiko yang harus diterima juga. Tapi ini paling ajib. Gak makan umur, langsung bisa naik pangkat. Tapi kasusnya jangan sampe kayak nomer 2, tapi kuliahnya di swasta. Kan sayang. Kenapa gak dari awal aja.

Intinya sih semua tergantung kita. Hidup adalah memilih. Semoga kita dapat meraih jalan kesuksesan kita masing-masing, aamiin. Apapun itu. Oiya jangan lupa berdoa pada Allah SWT, shalat istikharah, dan restu orang tua. Kasih pengertian sedalam-dalamya sama orang tua, apa sih yang diinginkan. Saling pengertian, dan buat kesepakatan. Pegel juga ya nulis, hehehe ;)

(Sumber : sharing, curhat, ngobrol, baca, video, pengalaman pribadi)

Tags: note to self

Tentang Sesuatu

Gue sempet mikir, apa ini yang gue mau? Tapi gue berpikir lagi kalo misalnya hidup itu bukan cuma tentang lo, karena ada orang banyak di sekitar lo. Bukan cuma tentang yang lo mau, tapi banyak kebutuhan lo yang belum terpenuhi. Gue pernah baca sebuah kutipan,

" Orang yang sukses telah belajar untuk menyadari bahwa mereka harus melakukan apa yang memang harus dilakukan. Tidak peduli suka, atau tidak "

So, apa yang harus dilakukan? Enjoy your life and do your best for anything ;)

Tags: advice

Bukan Galau

Sesuai dengan judulnya. Dan ini juga bukan tentang gue. Ini tentang seseorang yang gue kenal. Gue kenal banyak orang. Dengan sikap dan pandangan yang berbeda-beda.
Sebut saja namanya Joni. Gak tau kenapa harus Joni, jangan tanya. Joni mencintai seseorang. Mungkin sayang, gak tau juga. Karena suka, cinta, dan sayang merupakan masing-masing perkara yang berbeda tingkatan. Oke, singkat cerita mereka pernah dekat lalu hubungan mereka merenggang. Joni gak putus asa. 4 tahun dia menunggu, terus usaha, digantung, dan ternyata.. jleb! Si cewek suka sama orang lain. Udah deket juga. Ternyata Joni selama ini hanya dijadikan opsi. Padahal bulan itu si cewek akan ulang tahun dan Joni mau ngasih dia sesuatu. Sesuatu yang selama ini diinginkan si cewek, dan itu gak murah, dan itu udah Joni beli buat dikasih! Kesel memang kalo jadi Joni. Barang itu jadi gak berguna. Dan usahanya selama ini? Hhhh sudahlah. Dan dia pun harus menerima itu dan harus tetap menjalani hidupnya.
Apa yang bisa diambil dari cerita tadi? Banyak.
This is note a “galau” notes and this isn’t bout me ;)

Tags: story

"If you can’t explain it to 6 years old, you can’t understand it yourself"

— Albert Einstein

Tags: quote advice